Pemkab Kukar Lampaui Target Pembangunan Jalan usaha Tani, Rampung tahun Depan

Foto: Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik

Kutai Kartanegara, Prediksi co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan komitmennya membangun fasilitas sarana dan prasarana pertanian telah dibuktikan dengan membangun jalan usaha tani sepanjang 76 kilometer.

Ini merupakan program Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar yang telah terealisasi sepanjang tahun 2023 ini. Menariknya lagi bahkan melampaui target awalnya, yakni sepanjang 66,5 kilometer.

Kadistanak Kukar Muhammad Taufik membenarkan pembangunan jalan ini sesuai dengan proyek strategis Kukar Idaman Tahun 2021-2026. Yakni pengembangan pertanian dalam arti luas. Dan melalui peningkatan infrastruktur ini. Diharapkan dapat membantu petani untuk mengangkut hasil panen pertanian mereka.

“Bersamaan dengan embung dan irigasi terintegrasi antar desa. Jalan usaha tani adalah salah satu bagian penting dalam menunjang sektor pertanian," ungkapnya.

Dirinya menuturkan, dengan adanya pelebaran dan peningkatan jalan. Maka akan mempermudah aktivitas mobilitas para petani, mulai dari pergi bertani hingga mengangkut hasil pertanian.

Pembangunan jalan usaha tani ini juga bekerjsama dengan pihak TNi, yakni dari Kodim 0906/KKR melalui Karya Bhakti. Dan di tahun 2023 ini, Taufik pastikan secara fisik telah rampung semua. 

Walaupun, masih ada beberapa kegiatan yang dilanjutkan di tahun depan. Adapun nantinya akan dilakukan realisasi pembangunan melalui usulan di Musrenbang maupun usulan proposal dan kunjungan Bupati.

Pembangunan pertanian, kata dia lagi,  sesuai RPJMD kita, yaitu 120 kilometer jalan usaha tani. Distanak sepanjang 100 kilometer dan 20 kilometer dikerjakan oleh Disbun Kukar. 

Harapannya dengan adanya pembangunan ini, petani lebih mudah mengangkut hasil taninya, meningkatkan taraf hidup dan perekonomian petani. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama