Nusantara AGRIFest 2023, Forum Promosi Pertanian dan Mengkoneksikan Para Pebisnis Pertanian

Foto: Petani mendapat kesempatan belajar, berpromosi, dan terkoneksi antar sesama petani dan pebisnis pertanian dalam Nusantara AGRIFest 2023.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id-  Nusantara AGRIFest 2023 garapan Otorita Ibu Kota Nusantara ( Otorita IKN ) menjatuhkan pilihan venue atau tempat acara di Kecamatan Samboja Barat, Kutai Kartanegara.

Penunjukan venue ini dikemukakan saat pertemuan antara Bupati Kukar Edi Damansyah dengan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna A Safitri di Jakarta.

Dikesempatan itu, Myrna A Safitri menuturkan Otorita IKN akan menggelar Nusantara AGRIFest pada November 2023.

“Hal ini merupakan kegiatan tahunan pertama yang diselenggarakan Otorita IKN, tepatnya di Desa Margo Mulyo, Samboja Barat,” ujar Myrna A Safitri, Sabtu (28/10/2023).

Nusantara AGRIFest, kata dia, merupakan forum belajar dan promosi pertanian berkelanjutan yang berisikan rangkaian kegiatan temu petani, forum bisnis, pameran, pasar seni dan pasar murah pangan serta berbagai bentuk kesenian.

Diskusi soal pertanian yang ada di IKN Nusantara menjadi tujuan dan pembahasan. Event ini, tujuannya agar di Kukar bisa terkoneksi, dan membangun ekosistem untuk mengembangkan pertanian, karena di IKN akan mengarah ke pembangunan pertanian yang sejalan dengan pengendalian hutan.  

Orang nomor satu Kutai Kartanegara, Bupati Edi Damansyah menyambut baik agenda tersebut. Ia pun mengapresiasi atas dilibatkannya petani yang ada di Kecamatan Samboja.

“Pas sekali, karena beberapa keunggulan ada di Samboja Barat, diantaranya kelompok pemuda yang tergabung di petani milenial dan KTNA yang terdiri dari petani dan nelayan,” ungkap Edi Damansyah.

Kukar merupakan lumbung pangan di wilayah Kalimantan Timur. Itu artinya kabupaten berjuluk Kota Raja itu juga berpotensi menjadi penyuplai terbesar bahan pangan di wilayah ibu kota negara baru. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama