Target Capai 20 Ribu KTP Digital, Disdukcapil Kukar Jemput Bola

Foto: Ilustrasi IKD atau KTP Digital.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Percepatan aktivitas IKD akan dilakukan dengan melaksanakan jemput bola oleh Disdukcapil Kutai Kartanegara. (ist)Percepatan aktivitas IKD akan dilakukan dengan melaksanakan jemput bola oleh Disdukcapil Kutai Kartanegara. (ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sebagian besar dari kita, mungkin masih asing dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD),  ini merupakan Kartu Tanda Penduduk Digital atau KTP Digital. KTP Digital juga telah diperkenalkan sebelumnya oleh pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak tahun 2021

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan 20 ribu percepatan aktivitas Identitas Kependudukan Digital (IKD).

"Percepatan aktivasi IKD sebagai langkah mempermudahkan masyarakat dalam mengurus segala urusan yang berhubungan dengan adminduk." Ungkap Kepala Disdukcapil Kukar, M Iryanto.

Percepatan aktivitas IKD terus diusahakan dengan melaksanakan jemput bola, dan sosialisasi kepada masyarakat di kecamatan hingga kelurahan/desa, guna mencapai target tersebut.

“Kurangnya kesadaran masyarakat soal IKD, menjadi salah satu hambatan,” ucap Kepala Disdukcapil Kutai Kartanegara, M Iryanto, Selasa (31/10/2023).

Jadi, menurut Iryanto, diperlukan berbagai upaya, agar bisa tercapai target. Karena KTP fisik perlahan akan ditiadakan nantinya.

“Selain itu hambatan dalam aktivitas IKD ini juga karena masih adanya blankspot di Kukar. Jadi harus kita imbangi dengan pencetakan KTP fisik,” ungkapnya.

Namun, dalam catatannya, di Kukar saat ini sudah ada 17.500 lebih yang mengaktivasi IKD.

Iryanto mengungkapkan, layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital juga dapat diakses di kantor Disdukcapil, Mal Pelayanan Publik, dan di seluruh kantor kecamatan pada jam kerja.

“Seluruh operator kecamatan sudah kita latih untuk aktivasi IKD. Jadi masyarakat cukup membawa gadget android maupun IPhone. Semuanya gratis,” jelasnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama