Ukir Sejarah, Kukar Kabupaten Pertama Di Indonesia yang Susun Indeks Kompetensi ASN 2023

Balikpapan, Prediksi.co.id– Untuk pertama kalinya di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengukir sejarah, dengan berhasil menyelenggarakan pengukuran Indeks Kompetensi Digital Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital ini menjadi pondasi bagi pengembangan SDM ASN Kukar pada lima area kompetensi digital. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar bersama dengan Yayasan Rumah Inovasi Digital.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah pada saat sosialisasi atau public expose hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital dalam kesempatan Rapat Koordinasi Manajemen Kepegawaian untuk Penguatan Penilaian Indeks Profesionalitas ASN di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (25/10).

“Masyarakat Kutai Kartanegara patut berbangga hati dan menyambut baik inovasi pengukuran indeks yang diadakan pertama kalinya di Indonesia ini karena dampak positifnya akan dirasakan secara langsung, terutama pada aspek peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemerintahan di lingkungan Pemkab Kukar,” ungkap Edi.

Inovasi tersebut, lanjut Edi, adalah perwujudan transformasi digital yang digaungkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. “Aparatur Sipil Negara perlu meningkatkan kompetensi digital untuk menyambut Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan terobosan teknologi informasi dan komunikasi,” tegas Bupati Kukar periode 2019-2024 ini.

“Yang membuat saya kagum adalah,” beber Edi, “proses pengukuran ini berlangsung selama satu hari (4/8/2023) saja, yaitu mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA dengan responden 10.303 ASN Kukar dari total populasi 12.500 pegawai PNS dan PPPK.”
Edi menegaskan hasil pengukuran tersebut diperoleh dari 94 unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, terdiri dari tujuh badan, 24 dinas, satpol PP, dua setda dan setwan, 18 kecamatan, tiga RSUD dan 18 Puskesmas, 20 UPT Pendidikan, dan Inspektorat.

Skor IKD 2023 Kategori Cukup Baik
Kepala BKPSDM H. Rakhmadi, S.Sos., mengungkapkan, hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital ASN Kukar Tahun 2023 mencapai skor 2,3 dari skala 4 dengan tingkat kemampuan digital cukup baik secara umum, tetapi masih ada ruang untuk peningkatan.

“Kami berharap, pondasi yang diletakkan dengan hasil IKD ini dapat menjadi titik tolak bersama untuk meningkatkan kompetensi digital ASN Kukar agar pelayanan publik meningkat secara kualitas dan kuantitas,” kata Rakhmadi.

Penjelasan rinci lebih lanjut disampaikan Tenaga Ahli Tenggarong Project Dr. (c) Firdaus Masyhur, S.Kom., M.Ti. “Pengukuran indeks tersebut dilakukan pada 12.500 populasi ASN Kukar dengan menggunakan framework Digcomp atau Digital Competence Framework for Citizens yang dikembangkan oleh European Comission,” kata Firdaus.
“Kerangka kerja DigComp menitikberatkan pada lima area kompetensi digital, yakni literasi data dan informasi, kolaborasi dan komunikasi, kreativitas konten, keamanan digital, dan pemecahan masalah,” tambah pemuda tampan berjenggot tipis ini.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kukar Rokip, S.Stp., M.Si. “Tenggarong Project diawali dengan adanya kebutuhan BKPSDM Kukar untuk pemenuhan kewajiban pelatihan 20 jam pelajaran per tahun, namun dengan pemanfaatan dan optimalisasi teknologi informasi dan komunikasi,” katanya.

“Kami sangat termotivasi dengan hadirnya Tenggarong Project sebagai katalisator kinerja pemerintahan yang dibidani bersama Yayasan Rumah Inovasi Digital,” ungkap Rokip.

Ketua Umum Yayasan Rumah Inovasi Digital Dr. Muhammad Faisal Risani, SE., M. Adm. SDA., mengungkapkan kolaborasi dengan BKPSDM Kukar ini melahirkan Tenggarong Project sebagai inisiatif peningkatan kompetensi digital ASN Kukar.

“Setelah Indeks Kompetensi Digital, kami akan menyusun peta jalan pengembangan kompetensi digital, pengembangan manajemen talenta, pembangunan digital innovation and creative hub, dan public participatory caucus untuk Masyarakat dan Pemkab Kukar,” terang Faisal.

Inisiatif Tenggarong Project ini terbuka lebar bagi para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dan berkolaborasi menghadirkan inovasi digital demi peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan dan tingkat kepercayaan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Tentunya kami mengharapkan akan terdapat peningkatan skor IKD ASN Kukar pada pengukuran tahun 2024 nanti. Maka dari itu, kami mengundang semua pihak, seluruh pemangku kepentingan, baik dari kementerian, akademisi, swasta, lembaga internasional maupun filantropis untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dalam Tenggarong Project,” ajak Faisal. (Rilis/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama