Wakil Ketua DPRD Kaltim Samsun: Tidak Ada Degradasi Hutan, Pembangunan Sudah Sesuai RDTR

 



Samarinda, Prediksi.co.id – Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim,menegaskan bahwa pembangunan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak akan menyebabkan degradasi hutan, sebagaimana yang dikhawatirkan beberapa pihak masyarakat.

Politisi dari PDIP ini juga mengatakan bahwa pemberian izin lahan di IKN tidak akan dilakukan secara sembarangan, melainkan sesuai dengan skema yang telah ditetapkan, hal ini sudah dijamin oleh Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang disusun oleh Kementerian ATR/BPN bersama Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara. RDTR tersebut mengatur secara rinci tentang penggunaan ruang dan kawasan hijau di IKN.

"Jadi, tidak perlu ada kekhawatiran  rusak hutan di IKN, karena sudah ada RDTR yang mengaturnya. Termasuk juga penetapan kabupaten/kota dan kawasan hijaunya," pungkasnya.

Selain itu, ia juga menilai bahwa sektor pertanian di Kaltim tidak banyak menyebabkan pembabatan hutan.

"Lahan pertanian di Kaltim belum optimal produktivitasnya,. Yang sering babat hutan itu biasanya dari sektor perkebunan dan pertambangan," ujarnya.

“DPRD Kaltim akan terus mengawasi proses pembangunan IKN ini , kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat , pemerintah daerah,  serta pihak terkait lainnya, “ Imbuhnya.

Dengan beberapa inisiatif  ini, diharapkan IKN menjadi kota dunia yang berkelanjutan dan inklusif di abad ini.(Wo/Le/Adv DPRD Kaltim).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama