Sosbang Ke-8, Persoalan Nelayan dan Infrastruktur Disampaikan Masyarakat Desa Handil Terusan


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Tak hanya kaya akan tradisi dan budayanya saja, Kutai Kartanegara  juga berlimpah dengan Sumber Daya Alam (SDA), hasil tangkap ikan menjadi salah satu nafkah utama dibdaerah ini, seperti yang terdapat di Desa Handil Terusan, Kecamatan Anggana, Kukar.

Wakil Ketua I DPRD Kaltim Muhammad Samsun berkesempatan  mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan atau disingkat Sosbang yang ke-8 dengan mendatangkan narasumber Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti. Kamis (30/11/2023).

"Bukan hanya mengetahui dan memahami 4 pilar kebangsaan saja, melainkan bagaimana kita mengimplementasikan kesemua pilar dikehidupan kita sehari-hari," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Samsun menjelaskan, masyarakat juga memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan aspirasi, salah satunya adalah persoalan nelayan. 

"Daerah ini banyak terdapat perusahaan, namun masyarakat tidak terakomodir dengan maksimal, tenaga kerja lokal nampaknya tidak terserap, jadi menimbulkan kesenjangan sosial, masyarakat berharap pemudanya bisa bekerja di perusahaan-perusahaan ini," jelasnya.

Samsun menambahkan, ini persoalan yang kita hadapi bersama, pemerintah harus hadir dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa bersaing dan terserap di perusahaan-perusahaan yang beroperasi disekitar masyarakat tersebut. 

Menambahkan hal tersebut, Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti menuturkan, pemerintah telah hadir dalam meningkatkan SDM, dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan sertifikasi, namun, kurang maksimal atau belum menyentuh seluruh masyarakat di Kukar.

Diksempatan yang sama saat diskusi, seorang warga Slamet mewakili nelayan di desa tersebut, meminta, perhatian infrastruktur jalan. 

"Bapak bisa lihat sendiri jalanan kami, belum bagus, masih tanah, kalau hujan dan pasang juga banjir," pungkasnya.(Di/Le)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama