Sosbang Ke-9, Samsun Gaungkan 4 Pilar Kebangsaan


Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, kemudahan mengakses informasi, hiburan dan lainnya, membuat generasi muda begitu larut dalam kemudahan tersebut, alhasil, fondasi kebangsaan tergerus. Makna filosofis dan kesakralan kebangsaan perlu digaungkan lebih besar lagi. 

Untuk itu, tak hentinya Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, kali ini yang ke-9 bertempat di Desa Tani Bakti, Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kukar. Minggu (3/12/2023) malam. 

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini pun membawa narasumber Kepala Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, dan acara juga dimoderatori oleh tokoh pemuda Kaltim, Ahmad Syahrul.

Dalam sambutan dan pengantarnya, Muhammad Samsun menjelaskan pentingnya wawasan kebangsaan dan mengulas 4 konsensus kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. 

"Aneka macam suku, dari Dayak, Kutai, Jawa, Bugis, Banjar, Dayak, Batak, Papua, semua ada disini, semua hidup rukun, kenapa? Karena memahami keberagaman tersebut, 4 konsensus atau pilar telah dijalankan dengan baik," terang Bendahara DPD PDI Perjuangan Kaltim ini.

Namun, kata dia, semua 4 pilar tersebut harus terus digaungkan, keresahan di generasi muda saat ini adalah banyak yang tidak memahami, bahkan tidak hafal lagu kebangsaan, Sila di Pancasila, ini mengkhawatirkan jika dibiarkan begitu saja.

Selanjutnya ia menjelaskan, lewat 4 pilar inilah, generasi muda diharapkan mampu mengetahui, memahami, serta mengaolikasikan dikehidupan sehari-hari.

"Saat diskusi kita tadi, perwakilan masyarakat juga menyampaikan aspirasinya, soal ketersediaan pupuk, sarana prasarana pertanian, jalan usaha tani dan lainnya berkenaan dengan pertanian," jelas Samsun. (Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama