Dinas Perhubungan Kukar Tingkatkan Akses Pendidikan dengan Penambahan Bus Sekolah

Foto: Wabup Kukar Rendi Solihin saat menyerahkan bus sekolah.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Dalam upaya meningkatkan akses pendidikan di Kutai Kartanegara, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat berinisiatif untuk menambah dua unit Bus Idaman pada tahun anggaran 2024. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari program tahun lalu yang berhasil mendistribusikan enam unit bus sekolah.

Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi, mengungkapkan bahwa keputusan untuk penambahan bus sekolah ini menunggu persetujuan Bupati Kukar, Edi Damansyah. Program ini direspon positif oleh masyarakat, khususnya para orang tua yang mengharapkan ketersediaan transportasi yang aman dan nyaman untuk anak-anak mereka.

Hasil survei Dishub menunjukkan adanya kebutuhan yang signifikan dari pelajar serta rute operasional yang efektif untuk bus sekolah. "Jika kajian ini memenuhi kriteria, tidak menutup kemungkinan akan ada pengadaan bus sekolah lagi," terang Junaidi.

Sebelumnya, empat dari enam bus sekolah yang telah diadakan telah diserahkan kepada Desa Loa Tebu, Desa Sungai Payang, Desa Rapak Lambur, dan Kecamatan Kembang Janggut. Sementara itu, dua unit lainnya dijadwalkan akan diserahkan di Kecamatan Kota Bangun dan Muara Badak pada awal Februari.

"Kami menyediakan bus dengan kapasitas yang sesuai, yaitu 30 kursi untuk sebagian besar unit dan satu unit dengan kapasitas 19 kursi, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelajar," tutup Junaidi.

Penambahan bus sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan di Kukar dengan memudahkan mobilitas pelajar ke sekolah. (ADV Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama