Proyek RS Muara Badak di Kukar Dijadwalkan Beroperasi di Akhir 2024

Foto: Wabup Kukar Rendi Solihin saat sudah berlangsung.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Dalam rangkaian Safari Ramadan, Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, juga melakukan inspeksi ke lokasi pembangunan Rumah Sakit (RS) Muara Badak pada Jumat (15/3/2024). Kunjungan ini dilakukan sehari setelah pengecekan infrastruktur air bersih dan listrik di Desa Muara Pantuan.

Rendi menyatakan kepuasannya terhadap kemajuan pembangunan RS Muara Badak dan optimis bahwa rumah sakit tersebut akan siap beroperasi di akhir tahun 2024. "Berdasarkan peninjauan hari ini, pembangunan RS berjalan sesuai rencana, dengan kualitas bangunan dan aspek lainnya yang memuaskan," ujar Rendi.

Dia menambahkan bahwa RS Muara Badak diharapkan bisa diresmikan antara Agustus atau November 2024, dan akan mulai beroperasi secara bertahap di akhir tahun tersebut. "Kami fokus pada penyelesaian bangunan prioritas untuk memastikan operasional di akhir tahun, dan kami berdoa agar pembangunan berjalan lancar," kata Rendi.

Selain struktur fisik, Rendi juga menyoroti pentingnya kelengkapan rumah sakit, termasuk peralatan medis dan sumber daya manusia. Peralatan kesehatan dijadwalkan tiba antara Mei dan Juni, sementara tenaga kesehatan sedang dipersiapkan oleh pemerintah kabupaten.

"Peralatan medis akan tiba di Muara Badak pada Mei atau Juni, dan kami juga sedang menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten, termasuk dokter yang sementara akan ditempatkan di RS yang ada, seperti RS Parikesit," jelas Rendi.

Pembangunan RS Muara Badak dimulai pada tahun 2022 dengan pematangan lahan, diikuti dengan konstruksi pada tahun 2023, dan berlanjut hingga tahun 2024 dengan tujuh bangunan utama sedang dalam proses. Pada tahun 2025, rencana melanjutkan dengan pembangunan ruang rawat inap VIP dan jalan lingkar di area rumah sakit.

"Anggaran untuk proyek ini akan berlanjut hingga tahun 2025, dengan total anggaran yang sudah terpakai lebih dari Rp 100 Miliar, termasuk untuk peralatan kesehatan," tutup Rendi. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama