Hari Raya Nyepi Di Samarinda, Wali Kota Lepas Parade Ogoh-ogoh

 


Foto: Wali Kota Andi Harun saat melepas arak-arakah Ogoh-ogoh, (Dok).

Samarinda, Prediksi.co.id- Umat Hindu di Samarinda melakukan Parade Ogoh-Ogoh, digelar di Pura Jagat Hita Karana, Jalan Sentosa, Samarinda sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi,. Pada Minggu (10/3/2024).

 

Wali Kota Samarinda Andi Harun turut hadir dan memberikan ucapan selamat Hari Suci Nyepi kepada umat Hindu di Samarinda. Dirinya juga mengapresiasi ketaatan umat Hindu dalam menjalankan tradisi Nyepi.

 

"Selamat Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kepada umat Hindu di Samarinda. Terima kasih kepada umat Hindu yang telah menjalankan rangkaian Hari Suci Nyepi tahun ini dengan khidmat," terang Andi Harun.

 

Nilai-nilai Nyepi, kata Andi Harun yang dipraktikkan umat Hindu, termasuk catur brata penyepian yang melibatkan pengendalian diri dan introspeksi.

 

Dengan menjalankan rangkaian Nyepi ini, Andi Harun menjelaskan, umat Hindu memberikan jeda waktu kepada alam semesta untuk menata kembali keseimbangannya, memuliakan alam, dan juga memuliakan kemanusiaan kita," jelasnya.

 

Saat kegiatan mengarak Ogoh-ogoh, merupakan sebuah tradisi yang mencerminkan sifat manusia yang negatif. Ogoh-ogoh juga diartikan sebagai ekspresi nilai-nilai religius dan ruang-waktu sakral berdasarkan sastra-sastra agama.

"Sekali lagi saya mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan acara hari ini, seraya mengharapkan kebaikan dan kemuliaan bagi seluruh umat beragama Hindu di Samarinda," ungkapnya.

 

Pergantian Tahun Baru Saka ini,  pihaknya mengharapkan memberikan vibrasi positif bagi kehidupan baru, sebagai gargita untuk bersama mewujudkan keharmonisan, kedamaian di Samarinda. (Adv Diskominfo Samarinda/Di/Le).

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama