Pemdes Batuah Menerima PADes sebesar Rp 25 Juta dari BUMDes untuk Tahun 2023

Foto : Kades Batuah, Abdul Rasyid. (Istimewa)

TENGGARONG - BUMDes Batuah Prima Mandiri (BPM) menunjukkan tren positif dengan berhasil mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 25 juta lebih pada tahun 2023, yang kini telah diserahkan pada tahun 2024. Hal ini disambut baik oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah.

Abdul Rasyid, Kepala Desa Batuah yang juga menjabat sebagai Komisaris BUMDes BPM, memberikan apresiasi atas prestasi positif BUMDes. Dia mengakui bahwa strategi yang diterapkan oleh BUMDes telah sangat baik dan mampu meningkatkan pendapatan desa.

"Keberadaan BUMDes tidak hanya tentang menghasilkan PADes, tetapi juga tentang menciptakan peluang usaha untuk membangkitkan perekonomian masyarakat," ungkap Abdul Rasyid.

Rasyid juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan sektor keuangan, seperti kerja sama dengan lembaga perbankan seperti BRIlink, untuk meningkatkan potensi pendapatan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Di samping itu, Direktur BUMDes BPD Ardiansyah yang diwakili oleh Hendro Gunawan menyatakan bahwa pada tahun 2023, BUMDes hanya mampu memberikan PADes sebesar Rp 25.814.000 dari total pendapatan lebih dari Rp 100 juta. Namun, mereka sedang menjajaki beberapa peluang kerjasama untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

Semua pihak diharapkan dapat bergerak bersama untuk mendukung BUMDes, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat desa. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama