Tunjukkan Hasil Positif, BUMDes BPM Sumbang PADes untuk Desa Batuah

Foto : Kades Batuah, Abdul Rasyid. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Batuah Prima Mandiri (BPM), yang merupakan milik Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah, menunjukkan pencapaian positif dengan berhasil menyumbang pendapatan dari sektor Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 25 juta pada tahun 2023.

Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, memberikan apresiasi terhadap kinerja positif BUMDes BPM, terutama pengurus BUMDes yang telah memberikan kontribusi maksimal.

“Strategi yang diterapkan BUMDes sudah sangat baik, sehingga mampu meningkatkan pendapatan,” jelas Abdul Rasyid.

Selain menghasilkan PADes, Rasyid juga menjelaskan bahwa keberadaan BUMDes bertujuan untuk berkolaborasi dan menciptakan peluang-peluang usaha yang dapat membangkitkan perekonomian masyarakat Desa Batuah.

"Yang penting bukanlah besarnya pendapatan, melainkan sistem yang dijalankan. Ketika sistem berjalan baik, akan menumbuhkan kepercayaan dari pihak lain untuk bekerjasama dengan BUMDes,” tambahnya.

Rasyid juga mengharapkan agar BUMDes menggarap sektor keuangan, termasuk dalam kerjasama dengan perbankan seperti BRIlink, guna meningkatkan potensi penghasilan yang belum dimaksimalkan.

Pihaknya juga telah melakukan pertemuan langsung dengan BRI dan berharap agar peluang ini dapat ditindaklanjuti oleh pengurus BUMDes BPM dengan baik, sehingga peluang besar ini tidak terbuang sia-sia.

“Semua pihak harus bergerak bersama-sama. Jika ada peluang, sampaikan kepada BUMDes; jika ada kendala, berikan bantuan. BUMDes yang baik akan memberikan manfaat bagi semua, karena tujuannya jelas untuk meningkatkan PADes,” tandasnya.

Direktur BUMDes BPD Ardiansyah, yang diwakili oleh Hendro Gunawan, menyatakan bahwa pada tahun 2023 BUMDes hanya mampu memberikan kontribusi sebesar Rp 25.814.000 untuk PADes dari pendapatan total yang mencapai lebih dari Rp 100 juta, setelah dikurangi dengan operasional dan tambahan modal awal sebesar 15 persen.

“Ada beberapa kendala terkait beberapa kerjasama yang berakhir karena aktivitas beberapa perusahaan terhenti. Kami sedang menjajaki beberapa peluang kerjasama, semoga dapat segera terealisasi dan meningkatkan pendapatan asli desa,” tutupnya. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama