Kukar Siap Ikut Lomba Posyandu Tingkat Provinsi, Sinergi PKK dan Sejumlah OPD


Kukar, Prediksi.co.id- Posyandu, atau Pos Pelayanan Terpadu, memegang peranan krusial dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam hal kesehatan ibu dan anak. Di Kutai Kartanegara sendiri hak ini menjadi begitu penting, seperti bersiap untuk mengikuti lomba posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar pertemuan di ruang rapat DPMD Kukar, Rabu (17/4).


Agenda ini membahas persiapan penilaian dokumen, peninjuan lapangan dan penetapan posyandu yang akan mewakili Kukar.


Rapat dibuka oleh Kepala DPMD Kukar Arianto dan dihadiri oleh Ketua TP PKK Kukar Maslianawati Edi Damansyah. Hadir juga dari Dinas Kesehatan, Dinas DP2KB, Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Desa, Gugus Tugas Kukar Idaman, serta Tim Penilai Pelaksanaan dan Penilaian Lomba posyandu.


“Ini rapat nantinya akan menetapkan pemenang posyandu yang akan mewakili Kukar pada lomba tingkat Kaltim”, ujar Arianto.


Arianto mengatakan penilaian dilakukan oleh tim yang terdiri dari unsur DPMD Kukar, TP PKK Kukar, Dinas Kesehatan, Dinas DP2KB, Dinas Ketahanan Pangan, dan Gugus Tugas Kukar Idaman.


“Keterlibatan unsur organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai tim penilai karena posyandu yang menjadi kreteria penilaian berkaitan dengan bidang tugas beberapa instansi dimaksud. Tentunya agar penilaian dilakukan secara objektif sesuai dengan standar pelayanan di lapangan,” jelasnya.


Ketua TP PKK Kabupaten Kukar Maslianawati Edi Damansyah mengatakan, sebelum dilakukan rapat penetapan pemenang, tim terlebih dahulu melakukan visitasi atau kunjungan lapangan untuk melihat kegiatan posyandu yang dinilai. Tim melakukan penelitian dan penilaian langsung ke lapangan dengan menganalisis data serta perhitungan  hasil pelaksanaan posyandu yang dinilai.


“Kita penyelenggara harus tanggap dalam memilih pemenang, yaitu pemenang yang benar-benar paham tentang posyandu, termasuk juga paham akan program nasional yaitu kemiskinan dan stunting,” tegasnya.


Posyandu merupakan salah satu pilar penting dalam sistem kesehatan primer yang memastikan bahwa setiap individu, terutama ibu dan anak, mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama