Realisasi APBDes Batuah Tembus 98 Persen, Langsung Serahkan Laporan LPPD

Foto : Kades Batuah, Abdul Rasyid. (Istimewa)

Tenggarong, Prediksi.co.id- Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah secara resmi telah menyampaikan laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) serta menyerahkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) kepada Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) pada Rabu (27/3/2024) pekan lalu.

Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, menyampaikan bahwa penyampaian laporan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa,” jelas Rasyid.

Pemdes Batuah berhasil merealisasikan APBDes Batuah 2023 hingga 98 persen, dengan alokasi dana untuk berbagai kegiatan seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

“Meskipun terdapat Silpa karena tambahan kegiatan dari BKDD Kabupaten yang diberikan sebagai hadiah lomba inovasi desa dan sedikit sisa, namun secara persentase, realisasi sudah mencapai angka yang wajar. Meskipun pasti ada sisa anggaran, namun secara keseluruhan sudah mendekati 100 persen,” ungkapnya.

Kasi DPMD Kecamatan Loa Janan, Bun Yamin, mengapresiasi kinerja Desa Batuah meskipun pelaporan dilakukan hampir terlambat. Meski menduduki urutan ketiga dibanding desa lainnya, Kecamatan Loa Janan memberikan penghargaan atas capaian realisasi APBDes 2023 yang dilakukan oleh Desa Batuah.

"Kami berharap Desa Batuah terus meningkatkan pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel,” tutupnya. (Adv Diskominfo Kukar/Ki/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama