DPRD Kota Samarinda Minta Pemkot Samarinda Dukung Pemasaran UKM


Samarinda, Prediksi.co.id– Dalam beberapa tahun terakhir, Usaha Kecil Menengah (UKM) telah menjadi tulang punggung ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. Berkat inovasi teknologi dan akses yang lebih mudah ke pasar global, UKM semakin berkembang pesat.


Namun, bukannya tanpa tantangan. Pemerintah pun turun tangan untuk mengembangkan UKM ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Samarinda diharapkan bisa meningkatkan pembinaan UMKM di setiap kelurahan dan membuat terobosan baru  memasarkan produk-produk hasil dari UMKM.


Ketua Pansus DPRD Samarinda Pembahas LKPJ Wali Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023, Fahruddin menuturkan persoalan UKM jangan hanya dalam pembinaan, namun benar-benar dari Hulu kehilirnya harus dibersamai, sampai membantu memasarkan produk-produknya,” ungkapnya.


Hak ini ia kemukakan usai Laporan Akhir Pansus yang sudah disetujui dalam Rapat Paripurna Internal menjadi Rekomendasi DPRD Samarinda ke Wali Kota Samarinda, hari Rabu (15/5/2024).


Anggaran, kata dia, untuk urusan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian tahun 2023 sebesar Rp14.478 miliar, telah terealisasi sebesar Rp12,766  miliar atau sebesar 88,18 %.


DPRD Kota Samarinda merekomendasikan kepada Pemerintah Kota Samarinda memaksimalkan pelayanan kepada pelaku Koperasi UKM dan industri, seperti melaksanakan pendampingan pendaftaran UMKM Wirausaha baru, usaha kecil bermodalkan Rp10 miliar.


Program Penciptaan 10.000 Wirausaha baru merupakan salah satu Program prioritas untuk mengurangi Angka Kemisikinan  di Kota samarinda. Pada tahun 2023 ini pemerintah Kota Samarinda telah membantu 14.063 UMKM memiliki NIB.


“Pekerjaan lanjutan adalah, OPD terkait untuk menginventarisir pelaku UMKM di setiap kecamatan,” ucapnya.


DPRD Samarinda juga merekomendasikan kepada Pemkot Samarinda membuat Sentra UMKM dikawasan Bandara APT Pranoto, kawasan pusat perbelanjaan dan di kawasan Teras Samarinda. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama