Geliat Sektor Pertanian, Pemkab Kukar Lakukan Strategi Ini


Kukar, Prediksi.co.id- Sektor pertanian menjadi sektor yang seksi di Kutai Kartanegara. Bahkan, menjadi unggulan oleh Pemerintah Kabupaten Kukar, terlihat program-program yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) ini, serius dikembangkan oleh pemerintah daerah. Selain menyejahterakan para petani, menjadikan lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN), juga turut menjadi tujuan dari pengembangan program tersebut.


Strategi apik pun telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Diantaranya, menetapkan beberapa daerah sebagai kawasan pertanian dan menggelontorkan anggaran untuk pendukungnya.


Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, memastikan program pengembangan pertanian di daerah terus berjalan. Pada tahun 2024 ini, pemerintah daerah juga menggelontorkan anggaran ratusan miliar untuk salah satu program prioritas teraebut. Anggaran itu bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang diperuntukan untuk kebutuhan sektor pertanian daerah, termasuk infrastruktur serta bantuan alat dan mesin pertanian bagi ratusan kelompok tani di Kukar.


“Kami terus berupaya memenuhi kebutuhan petani di Kukar dan program bantuan tidak akan berhenti di tahun 2024,” ujar Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin.


Para kelompok tani di Kukar juga diimbau agar mengajukan profosal bantuan untuk memenuhi segala kebutuhan pertanian. Sehingga, produksi yang dihasilkan dapat meningkat. Dipastikan juga, bahwa Pemkab Kukar akan melakukan modernisasi pertanian, termasuk infrastruktur jalan dan jaringan irigasi di 20 kecamatan di Kukar.


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Dan Peternakan (Distanak) Kukar, Ahmad Rifani, mengatakan, bahwa pembangunan infrastruktur pertanian merupakan program strategis daerah dan tertuang di dalam RPJMD 2021-2026. Program ini fokusnya membangun 69 kilometer jaringan irigasi pertanian padi sawah.


Dengan begitu, lima kawasan pertanian terpadu yang masuk dalam enam kecamatan yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan optimal.


“Kita berharap dapat meningkatkan pertumbuhan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, termasuk meningkatkan kesejahteraan petani lokal,”terangnya.


Dengan kerja keras, inovasi, dan dukungan dari berbagai pihak, sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menunjukkan perkembangan yang positif dalam upaya mencapai ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan. Semangat dan optimisme para petani dan peternak di Kukar menjadi kunci utama dalam menjaga keberlanjutan sektor pertanian ini ke depan. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama