Genjot PAD Lebih Maksimal, DPRD Kota Samarinda Dorong Langkah Strategis Pemkot Samarinda


Samarinda, Prediksi.co.id- Pendapatan daerah merupakan salah satu sumber utama yang digunakan pemerintah daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan dan pelayanan publik. Oleh karena itu, optimalisasi pendapatan daerah menjadi sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


DPRD Samarinda terus mendorong Pemerintah Kota Samarinda untuk memaksimalkan Pendapatan Daerah yang bersumber dari potensi daerah setempat, 


Hal ini bisa didapatkan dengan beberapa hal, salah satunya Pemerintah Kota Samarinda perlu meningkatkan kapasitas SDM dalam pengelolaan keuangan daerah, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan anggaran. Pelatihan dan pendidikan berkelanjutan bagi pegawai dinas pajak dan retribusi sangat diperlukan.


Pendapatan daerah pada tahun anggaran 2023, mengalami peningkatan yang sangat signifikan melampaui target yang telah ditetapkan bersama pada APBDP tahun 2023 sebesar 104,5 %, target pendapatan sebesar Rp3,850 triliun, realisasinya Rp4,026 triliun.


Dengan menghadapi tantangan-tantangan ini dan terus melakukan berbagai upaya optimalisasi, diharapkan pendapatan daerah dapat meningkat secara signifikan dan berdampak positif terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. (Adv/Di/Le) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama