Ketua DPRD Samarinda Bicara Soal Keterwakilan 30 Persen Perempuan di Parlemen



Samarinda, Prediksi.co.id- Meskipun peran perempuan semakin diakui dan dihargai dalam berbagai aspek kehidupan, keterwakilan perempuan dalam dunia politik dan kepengurusan di Kota Samarinda masih belum mencapai tingkat yang optimal. Hal ini menjadi perhatian serius dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan partisipasi aktif perempuan dalam pembangunan.


Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiyono menuturkan angka 30 persen keterwakilan perempuan belum dicapai, perlu diperjuangkan dan didukung oleh perempuan, partai politik, pemilih, dan keluarga politisi perempuan itu sendiri.


Hal itu menanggapi hasil Pemilu DPRD Samarinda 2024, dari 45 anggota DPRD terpilih, hanya ada 4 perempuan dan 41 laki-laki.


Idealnya, menurut Sugiyono, perempuan harus tampil lebih berani dan menunjukkan kemampuan sanggup jadi pejuang aspirasi pemilih. Sedangkan partai politik juga  memberikan dukungan kepada perempuan yang ingin berkarier di bidang politik.


“Dukungan tersebut dapat berupa dorongan moral, materi, maupun edukasi politik,” tegasnya, seraya menambahkan, keberadaan perempuan lebih banyak di lembaga legislatif juga demi kemajuan bangsa.


Empat perempuan yang akan bekerja sebagai wakil rakyat di DPRD Samarinda Periode 2024-2029  berasal dari Partai NasDem 1 orang, yakni Celni Pita Sari, dari Partai Demokrat 2 orang, masing-masing dr. Sri Puji Astuti dan Marlina. Partai Gerindra 1 orang, yakni yakni Riska Wahyunigsih.


Berkenaan ini, masih dibutuhkan sinergi antara berbagai pihak untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung bagi perempuan. Pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, namun juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat Kota Samarinda. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama