Lomba Tahunan Balap Ketinting di Embalut, Jadi Magnet Wisata Potensial


Kukar, Prediksi.co.id- Raungan suara mesin ketinting bergema saat ratusan peserta memeriahkan ajang balap ketinting yang diselenggarakan setiap tahun sebagai bagian dari tradisi tahunan di daerah tersebut.


Balap ketinting merupakan ajang yang sangat dinantikan oleh warga setempat dan pengunjung dari luar kota, karena selain menjadi wadah untuk menyalurkan adrenalin, balap ketinting juga menjadi ajang untuk mempertontonkan keahlian dan kelincahan para pembalap dalam mengendalikan perahu kecil mereka di sungai yang berliku-liku.


Even Balap Ketinting menjadi olahraga rekreasi yang rutin digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Embalut, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar) setiap tahunnya.


Kepala Desa (Kades) Embalut, Yahya mengaku balap ketinting di desanya sudah digelar lima tahun berturut-turut, sejak tahun 2019.


Even ini rutin dilaksanakan karena banyaknya peminat yang ingin berpartisipasi.  Buktinya, berbagai macam peserta dari daerah lain di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) meluangkan waktunya untuk turut mengikuti balapan.


Untuk itu, Yahya akan terus melakukan evaluasi untuk menggelar even balap ketinting yang lebih baik dan meriah lagi di tahun yang akan datang.


Di 2024 pun, Yahya dan jajarannya berhasil menggelar even balap ketinting dengan sukses. 


“Sudah kami laksanakan pada 18-19 Mei, peminatnya tiap tahun bertambah terus. Bahkan banyak peserta dari kabupaten/kota lain, seperti Grogot, Bontang dan Kutai Barat. Padahal ini even desa, tapi serasa event se-Kaltim,” sebut Yahya. 


Kata Yahya, even ini juga bisa terlaksana dengan lancar berkat dukungan banyak pihak, seperti sejumlah merk mesin bermotor ternama dan perusahaan yang ada di sekitar Desa Embalut.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan dukungan. Saya juga berterima kasih Bupati Kukar menyempatkan hadir di event ini,” tuturnya. 


Even ini disambut antusiasi pelaku UMKM karena mampu memberikan efek domino terhadap perekonomian. Hasilnya omzet-omzet pedagang melejit. 


Dengan keseruan dan antusiasme yang menyertai setiap edisi balap ketinting, acara ini diharapkan dapat terus menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kalender budaya dan pariwisata daerah, serta menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk menjaga dan melestarikan tradisi-tradisi lokal mereka. (Adv Diskominfo Kukar/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama